CO.CC:Free Domain

11.21.2009

 Cara Sederhana Memperbaiki Listrik Konslet

Bila tiba2 listrik dirumah padam atau istilahnya konslet secara tiba2 sedangkan kita sedang enak tidur dimalam hari jangan panik dulu, ambil lampu senter kalau ngak ada korek juga bisatuh yang penting bisa keliatan kalau jalan, hal pertama yang harus dilihat adalah zikring atau MCB yang didekat meter PLN pasti turun karena itu adalah alat pembatas daya dan pengaman kalau terjadi hubungan singkat, jangan langsung dinaikan lagi karena hubungan singkatnya belum ketemu.
Setelah itu matikan dulu semua posisi saklar lampu keposisi off, lalu cabut semua peralatan listrik yang dicolokan pada stop kontak, setelah semuanya ok! coba naikan MCB yang ada didekat meter PLN dan juga yang ada didalam rumah ( kalau pake ), kalau tidak ada masalah coba nyalakan saklar lampu satu persatu dan apabila ada saluran lampu yang konslet begitu kita nyalakan saklar lampu itu zikringnya akan turun kembali, nah disini sudah bisa dipastikan bahwa jurusan yang kelampu itu rusak, maka matikan kembali saklar lampu yang bermasalah itu dan naikan kembali MCB yang turun itu.ulangi langkah2 seperti diatas untuk saklar lampu yang lainnya (saklar lampu yang bermasalah tadi jangan dinyalakan dulu - isolatip aja saklarnya dalam posisi off ), setelah lampu nyala semua baru dilanjutkan dengan peralatan listrik yang tadi dicabut.

Hasil survey & investigasi kasus diatas ( keren banget bahasanya ) :
* Kebanyakan terjadi konslet pada lampunya, terutama pada lampu hemat energi atau istilahnya lampu SL yang murahan, kemungkinan lampu yang mahal juga bisa sih (kasus seperti diatas tinggal ganti aja lampunya dengan yang baru).
* Kalau cara tersebut diatas tidak bisa berarti ada saluran instalasi induknya yang rusak, untuk menerangkanya agak ribet nich.. karena tergantung dimana penyakit yang dirasakannya ( kayak dokter aje ).

Mudah2an dapat membantu buat temen-temen.

Blogged with the Flock Browser

Related Posts by Categories