9.30.2009

 Gempa di Padang Terasa Hingga ke Singapura

Gempa 7,6 skala richter (SR) mengguncang Pariaman, Sumatera Barat. Gempa berkekuatan yang cukup besar itu terjadi di kedalaman 71 kilometer.
Gempa berkekuatan tinggi ini terasa hingga ke Singapura. Akibat gempa tersebut penghuni gedung tinggi di Singapura panik. Para penghuni hotel dan perkantoran panik bukan kepalang. Mereka berhamburan ke luar gedung.
Informasi dari Badan Klimatologi, Meteorologi dan Geofisika, gempa 7,6 SR itu terjadi pada pukul 17.16.09 WIB, Rabu, 30 September 2009.
Gempa terjadi di lokasi 0.84 Lintang Selatan dan 99.65 Bujur Timur . Pusat gempa berada di arah 57 kilometer barat daya Pariaman, Sumatera Barat.
Gempa dengan skala ricther 7,6 itu memang tergolong tinggi. Sebagai pembanding gempa di Tasikmalaya yang terjadi 4 September 2009, sekitar 7,3 skala ricther. Gempa di Tasikmalaya itu terasa hingga Jakarta.
Warga Kota Padang Sidempuan, Sumatera Utara, mengalami kepanikan ketika mereka merasakan gempa yang terjadi pukul 17.51 WIB. Diceritakan Gustina Suryani, 39 tahun, pemilik rumah toko di Plaza Pagumpal Bonang, ketika getaran terasa makin menghebat, semua penghuni ruko lari terbirit-birit.
Mereka keluar dari bangunan untuk mengantisipasi jika runtuh. Sampai sekarang mereka belum berani masuk ke ruko lagi karena takut. Gempa susulan, kata Gustina, masih dirasakan warga.
Gempa itu berpusat di di Sumatera Barat, tepatnya 57 kilometer barat daya Pariaman. Kekuatannya 7,6 skala richter yang terjadi di kedalaman 71 kilometer.
Informasi dari Badan Klimatologi, Meteorologi dan Geofisika, gempa 7,6 SR itu terjadi pada pukul 17.16.09 WIB. Gempa dengan skala ricther 7,6 ini tergolong tinggi. Sebagai pembanding gempa di Tasikmalaya yang terjadi 4 September 2009, sekitar 7,3 skala ricther. Gempa Tasikmalaya ini memakan puluhan korban meninggal.

Sumber berita :www.tvone.co.id

Related Posts by Categories